Sabtu, 23 Februari 2008

SELAYANG PANDANG SMA 1 GLAGAH BANYUWANGI

SEJARAH SINGKAT SMA NEGERI 1 GLAGAH

(Jalan Melati 1 Banyuwangi)

Latar Belakang Sejarah Berdirinya SMA Negeri 1 Glagah Banyuwangi

Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Glagah Banyuwangi secara sah berdiri pada tanggal 24 Juli 1959, terdirid ari 4 ruang belajar, 1 ruang kantor, 1 ruang guru dan aula. Pada mulanya bangunan-bangunan tersebut diperuntukkan sekolah swasta, di bawah pengelolaan Yayasan Pendidikan Kabupaten Banyuwangi (YPKB).

Rencana pendirian YPKB yang telah disiapkan secara matang tiba-tiba mendapat pemberitahuan dari pusat bahwa sekolah swasta tersebut akan diganti sebagai sekolah negeri.

Keputusan sekolah swasta menjadi negeri tersebut diambil sebagai hasil perundingan di wisma daerah. Selain itu keputusan lain yang diambil adalah mengangkat I Made Rempet sebagai wakil Kepala Sekolah dan sekaligus bertugas sebagai pelaksana harian (PLH).

Pada tanggal 24 Juli 1959, resmilah orang pertama yang berkiprah di SMA Negeri mulai menunaikan tugasnya, dibantu Bapak Basuni Suryanto dan Bapak Syafi’i sebagai staf TU.

Tepat pada tanggal 17 Agustus 1959, sekolah ini diresmikan oleh pemerintah setempat dengan nama SMA Negeri 1 Banyuwangi dan kepala sekolah Bapak Harsi Mulyo yang bertugas hingga tahun 1964 selanjutnya digantikan oleh Bapak I Made Rempet.

Perkembangan Selanjutnya

Perjalanan SMAN semakin mantap. Guru-guru (Staf Pengajar) berdatangan, fasilitas setiap tahun bertambah. Dalam perjalanan berikutnya pemerintah mulai membuat rencana baru yaitu mendirikan SMPP pada tahun 1974. Maka resmilah SMPP ini berdiri sehingga di Banyuwangi terdapat 2 SMA Negeri (SMAN dan SMPP). Masing-masing sekolah tersebut berjalan sendiri-sendiri dengan satu kepala sekolah.

Setelah berdiri SMPP pamor SMAN seakan redup (memang menurut rencana pemerintah SMA secara berangsur-angsur akan dihapus).

Sekitar tahun 80-an SMAN hidup kembali dalam pimpinan Bapak Slamet Sriyono (Bapak I Made Rempet pindah ke Jember). Sebelum dipegang Bapak Slamet Sriyono, SMA dan SMPP sepeninggal Bapak I Made Rempet digantikan oleh Bapak Sadhono.

Dengan datangnya Bapak Slamet Sriyono, SMPP dipimpin oleh Bapak IW. Sadhono sedang SMAN dipimpin oleh Bapak Slamet Sriyono. Pemisahan tersebut termasuk pemisahan tenaga pengajar dan inventaris.

Pada masa-masa itulah SMAN mulai membina siswa dari kelas 1. dari kenyataan itulah seakan-akan SMAN baru berdiri.

SMAN pun semakin berkembang, sekitar tahun 1986 nama SMA menjadi SMAN I dengan kepala sekolah Bapak Guntur Ananta Diharja. Perkembangan tersebut juga didukung dengan kelengkapan guru mata pelajaran dan bertambahnya fasilitas.

Pada bulan ketiga tahun 1990 Bapak Soedjiharto datang menggantikan Bapak Guntur Ananta Diharja (Bapak Guntur bertugas sebagai Pengawas Dikmenum).

Dengan semangat menggebu Bapak Soedjiharto ingin meneruskan dan mewujudkan SMAN 1 Banyuwangi sehingga diharapkan nantinya gaung SMAN 1 Banyuwangi dapat membahana ke mana-mana.

Dalam perkembangan selanjutnya SMA Negeri 1 Banyuwangi menjadi SMU Negeri 1 Glagah berdasarkan SK Mendikbud Nomor 35/O/1997. Kemudian menjadi SMA Negeri 1 Glagah .

PERGANTIAN KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 GLAGAH :

1. Harsi Mulyo tahun 1959 – 1965

2. I Made Rempet tahun 1966 – 1980

3. I W. Sadhono tahun 1980 – 1981

4. Slamet Srijono tahun 1981 – 1985

5. Drs. Guntur Ananto Dihardjo tahun 1985 - 1990

6. Drs. Soedjiharto tahun 1990 – 1993

7. Moh. Saleh Sutaman, SH tahun 1993 – 1995

8. Drs. Wahid Abdul Rachman tahun 1995 – 1997

9. Drs. Pudjiono tahun 1997 – 2002

10. Asmu’i Hardiadmodjo, SH tahun 2002 – 2002

11. Drs. H. Suparlan, M.M. tahun 2002 – 2006

12. Drs. Suradi tahun 2006 – sekarang.

SMA Negeri 1 Glagah mempunyai Motto :

WIDYA MITRA NARATAMA, yang berarti :

Widya artinya Pendidikan

Mitra artinya Teman

Nara artinya Manusia / Orang

Tama artinya Utama

Sehingga Widya Mitra Naratama dapat diartikan Pendidikan Teman bagi orang / manusia utama.

12 komentar:

rie.isra mengatakan...

boleh ralat nih.? saya lulusan SMPP Th 1985,dan wkt itu masih bp IW Sadhono yg jd kep-sek. ok God bless us.salam buat para alumninya.

Hugeng Wandono mengatakan...

saya pernah sekolah di sma ini, tapi tidak sampai lulus karena pindah sekolah ke jember,namun saya ingin memberikan sesuatu hasil karya saya untuk sumbangsih dan mudah2 bermanfaat.Tanks.

Revi Novan mengatakan...

ini buat adek-adekku yang kucintai...

aku ingin share dengan adek-adek semua. moga membantu.

aku revi novan, alumni tahun 2008, dan sekarang udah kuliah di IPB, jurusan silvikultur, fakultas kehutanan.

tips yang kudapat selama di SMA dan di IPB :
1. atur waktu dengan baik. ini sangat membantu buat yang ingin kuliah karena nanti adek-adek akan merasakan kalo waktu itu gak boleh dibuang sia-sia.
2. gak ikut aktif organisasi boleh. tapi tetap melatih diri dan softskills. karena kalo gak, kita kalah dan kesempatan kita mendapat peluang lebih kecil gara-garanya kita gak punya keahlian(keahlian apa saja, manfaatkan maksimal).
3. biasakan rajin belajar. jangan males. kalo sudah kuliah, pasti inginnya pingin cepet selesai, dan langsung kerja. kalo gak terbiasa(minimal pelajaran bisa masuk dan gak copot lagi), gimana kita bisa survive dalam hidup dan diterima lingkungan kerja yang nuntun kita rajin?
4. buat strategi dan target. biar jelas, sesuai visi misi, dan capai dengan sempurna.
5. yang terakhir, dan paling penting. selalu dekatkan diri dengan Tuhanmu. karena Dia penentu segalanya. kita sukses ato gak, tergantung KEGIGIHAN KITA, SERTA BAKAT. juga seberapa dekat kita dengan Tuhan kita. jangan minder, ato males. karena KEMALASAN SELALU MEMBAWA PENDERITAAN.

untuk penyemangat, lihatlah orang sukses, tiru langkah suksesnya, maka suatu saat dan yakin bahwa kau akan menjadi SUKSES. think globally, do locally(gitulah pokok'e)

salam ke anak-anak Al Hurriyah. keep istiqomah!!!

monggo pak, nyuwun dunganipun guru2 lan pisan restu ingkang wajib. hehehe.(bahasanya kacau).

DINADINI mengatakan...

Alhamdulillah...aku bisa lihat sekolah tercinta sejak aku meninggalkan banyuwangi ke jakarta..dari tahun 1991 aku belum pernah liat lagi sekolahku..(aku alumni tahun 1991..dinadini si kembar)

DINADINI mengatakan...

apa saya bisa mendapatkan data anak-anak angkatan 1991, saya bener-bener kehilangan kontak...

Wahyudi mengatakan...

Salam SMANSA..
Walaupun saya bukan alumni SMANSA, tp ikut merasa bangga dengan apa yg telah diraih SMANSA sampai sekarang. Kebanggaan saya ini karena pamor SMA terpelajar (kwalitas/mutu pendidikan) masih layak disandang SMANSA.
namun alangkah sayangnya belum terlihat di web ini sendiri.
Saya sendiri pernah lihat beberapa karya Bloger anak2 SMANSA. waahh keren, futuristik, artistik dan memcerminkan perkembangan TEKNO di masa depan.
dan seharusnya demikian. mengurangi tampilan yg terlihat begitu monoton dan formal. potensi anak2 Smansa lebih kreatif dan modern kenapa itu tdk diwujudkan..
apreasi perkembangan yg dinamis sdh saatnya diakomodiner sekolah.. Maju terus Siswa SMANSA..
salam.

Dorenk97 mengatakan...

Weleh ison iki yo alumni kene lek kari kyangen ison dheleng sekolahe. Sy Rachmad Hartono alumni 1993 A2.1. Skrg dinas di TNI-AL. Buat seluruh guru: " Tiada kata yg bisa terucap selain kata Terimakasih atas sgl bimbingannya". Buat seluruh alumni " Bravo SMAN 1 Glagah Bwi". Buat seluruh adek2 yg msh sekolah "Hadapi dunia dengan cemangat dan rasa Bangga krn telah menjadi bagian dari SMAN 1 Glagah Bwi"

Unknown mengatakan...

halo konco-koncoq angkatan '94 ayo reunian

Unknown mengatakan...

halo konco-koncoq angkatan '94 ayo reunian

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum WR.WB. Alhamdulillah Akhirya Saya bisa share di Situs ni,Saya Slamet Riyadi Anak desa Wongsorejo lulus SMA Tercintaku ni 2001 dan meneruskan kuliah di ITS jususan Teknik Kelautan,Saya kawan bermain anak bu Lilik(kepala sekolah) namanya Sasi Sekarang saya banyak bersyukur saya udah punya anak 1 dan saya bekerja di Perusahaan Asing TWC Oil & Gas Services Bintan,sebelumnya juga kerja di perusahaan asing di batam Drydocks World Pertama.Oh Ya saya bener-bener menikmati dan punya semangat belajar yang tinggi saat di SMA ni karena Lingkunyan sekolah yang benar-benar asri dan semua gurunya Kemampuannya memang bagus-bagus,Profesional semua.Saya dulu di I7, II1, dan IPA3.Salam Hangat Untuk Bapak dan Ibu Guruku Semua dan Untuk adek-adek yang menuntut Ilmu di SMA Tercinta Ini."Kerja Keras dan Jangan Pernah Menyerah Sampai Menemukan Solusi Trbaik"

bookaholic mengatakan...

hmmm...
yang comment yang udah lulus semua ya ?
ya wes gak papa...
bersyukur banget bisa masuk di sekolah ini ,,
ikut Ta'mir pula .
Alhamdulillah ...

dwi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.